hot info

adbrite

Thursday, March 19, 2009

Gempa 7,9 SR di Pasifik Selatan Sebabkan Tsunami


Shohib Masykur - detikNews
Gempa yang kuat terjadi di bawah laut di Kepualuan Tonga, perairan Pasifik selatan. Gempa ini menyebabkan tsunami yang mampu menghancurkan kawasan tersebut.

Demikian disampaikan US Pacific Tsunami Warning Center seperti dikutip Reuters, Jumat (20/3/2009).

Gempa berkekuatan 7,9 SR itu terjadi 212,4 km di sebelah tenggara Nuku'alofa, Tonga, pada Jumat (20/3/2009) pukul 06.17 waktu setempat. Tidak ada laporan kerusakan atau naiknya air laut di Fiji dan Tonga.

"Pengamatan terhadap air laut menunjukkan terjadinya tsunami. Tsunami ini bisa jadi menyebabkan kerusakan di sepanjang pantai kawasan di dekat pusat gempa," demikian pernyataan US National Weather Service's Pacific Tsunami Warning Center.

Peringatan tsunami itu kemudian dicabut untuk daerah Tonga, Niue, Kepulauan Kermadec, American Samoa, Samoa, Wallis-Futuna, dan Fiji. Namun tetap diperingatkan bahwa gelombang laut lokal berpotensi mengakibatkan kerusakan.

"Ancaman tsunami tidak ada lagi untuk wilayah pantai lain di Pasifik. Namun beberapa wilayah mungkin mengalami perubahan ketinggian air laut sedikit," lanjut pernyataan tersebut.

Diperkirakan tsunami itu dirasakan sampai ke Hawaii meski tidak menimbulkan kerusakan di sana. Sedangkan untuk Australia tidak dikeluarkan peringatan tsunami. Adapun untuk Selandia Baru, peringatan tsunami telah dicabut.

"Tidak ada kerusakan maupun kenaikan ari laut. Murid-murid sekolah telah disuruh pulang ke rumah," ucap salah seorang wartawan radio FM96 di Fiji. (sho/ape)

0 comments:

Post a Comment

Yahoo Search

The Jakarta Post Breaking News

Belajar Internet | Membuat blog | Bisnis Internet

Find with